Apa itu tanaman mahal?

cycadsYang saya maksud bukan tanaman yang harga belinya kemahalan tetapi tanaman yang harganya relatif mahal karena nilai yang tertentu. Pertanyaan yang timbul apakah yang membuat sebuah tanaman berharga mahal? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan banyak jawaban yang benar yang bersifat subjectif, bisa karena pemberian seseorang yang sangat dihormati, bisa jadi punya nilai historis atau karena kita dengan susah payah mendapatkannya.


Menurut hemat saya dengan segala keterbatasan yang ada beberapa kriteria yang bisa kita pakai untuk mengukur harga sebuah tanaman :

1. Tingkat kesulitan mendapatkannya.
2. Waktu yang dibutuhkan untuk membesarkan tanaman tersebut.
3. Perbanyakan sulit.
4. Ada nilai seni.
5. Mutasi alam yang jarang terjadi.

Dari pengamatan saya ada beberapa tanaman yang pernah mencapai harga yang fantastis di dunia tanaman hias di tanah air ini seperti bonsai, aglonema, anthurium dan beberapa jenis sikas import.
Menurut saya tanaman mencapai harga yang tinggi bisa karena cantik, karena menaikkan nilai gengsi si pemilik dan akhir-akhir ini menjadi barang investasi yang menguntungkan. Saran saya dalam memilih, yang terutama pilih karena anda memang senang.

Selamat berkebun

No Response to "Apa itu tanaman mahal?"

Posting Komentar